Latest News

Pencerahan dari 2 Ustadz Muda DMM


Assalam’alaikum wr wb

Okay, setelah sebelumnya aku menulis tentang agenda Dakwah di Karang tinggi, selanjutnya aku bakal share isi rangkuman ceramah yang disampaikan oleh Ust. Malito dan Ust. Rio.

Jalan menuju Surga (Ust. Malito)




Di dalam ceramahnya Ustadz Malito menyampaikan ada beberapa jalan menuju surga. Baik itu bagi laki-laki maupun perempuan. Bagi laki-laki sendiri salah satu jalan menuju surga itu ialah dengan sholat berjamaah di Masjid. Sementara untuk perempuan, yaitu:

a. Sholat tepat waktu

b. Puasa ramadhan

c. Menjaga kehormatan

d. Taat pada suami

Dan disini ada haditsnya lo. Yang artinya wanita boleh masur surga lewat pintu manapun asal ke-4 point ini dijalankan. (hadist nya teman-teman boleh cari sendiri ya. Hadist nya insyallah shohih).
   



                    

Lalu perkara sholat, hendaknya kita jangan lalai terhadap waktu sholat. Jika lalai nanti kita bisa tergolong ke daam golongan orang-orang yang munafik. Naudzubillah.. self reminder nich.

Dan perkara puasa ramadhan, hendaklah kita senantiasa melunasi hutang-hutang puasa kita. dan perkara hutang, Ust. Juga mengingatkan yang berkaitan dengan arisan. Karena arisan itu adalah hutang juga. Misalnya kelompok arisan kita da 50 orang dan bayarnya 100.000 per bulan. Berarti uang yang kita terima sebanyak 5.000.000. hakikatnya uang kita saat itu adalah 100 ribu saja. Sementara 4.900.000 nya adalah hutang kita. kita harus berahati-hati terhadap perkara arisan ini. nanti kalau kisalkan kita meninggal, siapa yang akan menanggung dan mebayar hutang kita? belum lagi waktunya yang lama untuk dilunasin karena nunggu giliran.

Kenali Allah maka akan merasakan nikmatnya ibadah (Ust. Rio)

                       


Sebenarnya banyak point yang Uts. Rio sampaikan. Diantaranya yaitu mengenali Allah ini. sebagai contoh, di tengah malam, ada nomor baru menelpon kita. meminta kita untuk menuju suatu tempat. Apa yang akan kita lakukan? Tentulah kita mengabaikan pesan dari orang tersebut. Karena apa? Karena kita tidak kenal siapa yang menghubungi kita. namun juga yang menghubungi kita adalah adek, orang tua, atau teman, di tengah malam dia nelpon minta kita ke suatu tempat, dapat dipastikan kita akan menuju lokasi tersebut. Karena apa? Karena kita tau. Kita kenal siapa yang menghubungi kita. begitu jugalah hendaknya kita beribadah kepada Allah. dalam sholat terutama kita harus mengenali yang memerintahkan kita untuk beibadah terlebih dahulu maka kita akan merasakan nikmat dalam beribadah.

Dan ada 3 golongan orang yang berada di dalam kerak neraka:

a. Berbagi ilmu bukan karena Allah

b. Membantu orang lain atau menjadi pahlawan yang rela berkorban untuk orang lain. Namun juga bukan karena Allah

c. Beramal atau  berbuat baik bukan karena Allah.

     


Yaa.. semua amalan itu hangus dan berada dalam kerak neraka karena semua itu ia lakukan karena ria. Ia telah mendapatkan apa yang ia inginkan di dunia. Dan di akhirat ia tidak mendapatkan apa-apa lagi. (ini juga ada haditsnya. Boleh teman-teman cari. Insyllah shohih)


baca juga: Dakwah di Karang Tinggi


Baik, seperti cuma itu yang bisa aku sharing mengenai rangkuman cermaah daru 2 Ustadz Muda DMM kita pada rihlah kolaborasi DMM dan KompaQ kali ini, semoga bermamfaat dan bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama buat saya sendiri. Maaf jika ada yang salah penyampaian.

Wassalamu’alaikum wr. wb

10 komentar:

  1. Senangnya kalau bisa sering ikut kajian-kajian dari para dai muda. Mereka.pasti orang-orang yang sangat menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. .Mrka orang2 yg sangat menginspirasi.

      Hapus
  2. Masya Allah.. Terimakasih sharingnya neng.. Semoga kita termasuk ahli surga..aamiin..

    BalasHapus
  3. yang pastinya sesuatu yang bukan karena Allah akan percuma atas a yang kita kerjakan ya mbak. Semoga kita senantiasa selalu melakukan segala perintah dan menjauhi segala larangan Nya karena kita melakukan nya semata mata karena Allah Subhanawata’alah

    BalasHapus
  4. Masyallah, semoga ini bisa menjadi pengingat dalam setiap aktivitas yang kujalani, Aamiiin Makasih dek

    BalasHapus
  5. Kenali Allah maka akan merasakan nikmatnya ibadah, ibadah terasa tidak membebani melainkan jadi kebutuhan,semoga kita tergolong orang2 yang beruntung.

    BalasHapus
  6. Terima kasih Nengsih sudah berbagi ilmu manfaat banget jadi alaram pengingat diri, jangan sampai deh jadi kerak neraka..mengerikan.

    BalasHapus
  7. Wah, ustad muda pasti banyak yang ngincar, hihihi. Moga bisa istiqomah terus yah

    BalasHapus