Latest News

Peluncuran 4 Program Digital Pemkot Bengkulu


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh..

Apa kabar ni teman-teman?  Selalu sehat kan??  

Oya, kali ini aku mau cerita tentang agenda kita kemaren pagi nich.  Yaitu menghadiri acara peluncuran 4 Program Digital dari Pemerintah Kota Bengkulu. Keren yaaa.. Bengkulu sekarang makin maju dan berbenah saja.

Keempat program yang diluncurkan di Kantor Dinas Pariwisata Kota Bengkulu itu adalah Monitoring Center, Aplikasi Hidayah (HD) City dan Harapan Dan Doa (HD) Oto, Program Wifi g
Gratis, serta Ambulance Gratis Online

Peluncuran dilakukan langsung oleh Wakil Walikota Bengkulu yaitu Dedy Wahyudi.

Dalam sambutanya ni teman-teman,  pak Dedy menyampaikan penyediaan fasilitas tersebut adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Bengkulu sesuai dengan amanat UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik. 

Sambutan Bapak Wali Kota

Beliau berharap ruang Monitoring Center  mampu berkontribusi besar dalam perkembangan pembangunan di Kota Bengkulu.

Sementara untuk aplikasi HD City, secara umum diharapkan dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat Kota Bengkulu dan tamu-tamu yang datang ke Kota Bengkulu khususnya. 

Sedangkan pada aplikasi HD Oto yang terintegrasi pada layanan ambulans gratis diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan layanan ambulans gratis. 

Jadi bagi masyarakat yang kurang mampu, adanya layanan ambulans gratis ini akan sangat membantu ya teman-teman.

Bukan hanya itu ni teman-teman,   Pemkot Bengkulu juga memasang wifi gratis di tiga titik lokasi dalam Kota Bengkulu.

Lokasi wifi dimana saja??  

Sekarang, wifi gratis sudah dipasang di 3 titik lokasi. Untuk tahun 2019 akan dilanjutkan di 10 titik di area publik di setiap kecamatan dalam wilayah Kota Bengkulu. Kita bebas mengakses wifi gratis ini selama 24 jam.


Lokasi wifi gratisnya ada di Taman Smart City Simpang Lima, Taman Nusa Indah, serta Taman Monitoring Center.

Bagi yang suka nongkrong di Taman Nusa Indah dan di Smart City,  pas banget ni ada layanan wifi gratis.  Ajibbb.. Namun tetap gunakan wifi gratisnya secara bijak yaa..

Selain itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Bengkulu,  Bapak Medy Pebriansyah sebelumnya juga menerangkan Monitoring Center akan digunakan untuk pemantauan cctv dalam wilayah Kota Bengkulu. 

Ruang pemantauan terhubung dengan 33 unit cctv yang sudah terpasang dalam 3 jalur dalam Kota Bengkulu.

Trus jalur cctv ini dimana aja??

a. Koridor I, berlokasi di Pantai Jakat, Pantai Panjang, Lingkar Barat dan Pagar Dewa. 
b. Koridor II, berlokasi di Kampung Cina, Simpang Jamik Jl. Suprapto, Simpang Lima, Padang Jati.
c. Koridor III, berlokasi di Kampung Bali, Suka Merindu. 

Sebenarnya, pembangunan jaringan cctv ini sudah dimulai sejak  2017 dan sudah terkoneksi dengan Command Center Polda dan Command Center Polres Kota Bengkulu.

Kedepannya akan dilakukan penambahan unit dan jaringan cctv dalam Kota Bengkulu, serta pembangunan Command Center pemerintah Kota Bengkulu dengan fasilitas dan kemampuan yang lebih canggih dan modern lagi.

Hayoo.. Yang sukanya main terobas aja kudu hati-hati yaa.. Tercyduk cctv ntar. Hehee

Fungsi HD City dan HD Oto apa yaa ??

Keduanya ini berfungsi untuk menampilkan informasi umum tentang Kota Bengkulu yang berisi informasi gambaran Kota Bengkulu yang meliputi wilayah, pemerintahan, info lokasi-lokasi penting , termasuk obyek wisata unggulan serta hotel dan restoran yang direkomendasikan dalam wilayah Kota Bengkulu. 

Dalam aplikasi ini juga terdapat menu untuk cityzen report atau pelaporan masyarakat.

Pak Kadis juga mengungkapkan makna dari Hidayah City ini adalah agar Kota Bengkulu menjadi kota yang selalu mendapat bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT, sehingga diharapkan menuju kota yang penuh keberkahan, aman tenteram, sejahtera, bahagia dan religius. Masyallah. Aamiin ya teman-teman.  Kita do'akan bersama.

Untuk aplikasi HD Oto diharapkan memudahkan masyarakat yang butuh ambulans apabila terjadi peristiwa kecelakaan, mengantar pasien ke fasilitas kesehatan maupun untuk pemakaman, dan saat ini sudah tersedia 21 ambulans.

Aplikasi HD city dan HD oto ini bisa di download di play store atau apps store ya teman-teman. Coba download dech.. Siapa tau suatu saat kita membutuhkannya.

Seluruh fasilitas, sarana, dan program yang diresmikan dan luncurkan pada hari Rabu,  19 Desember 2018 kemaren, merupakan bagian dari upaya bapak walikota, bapak wakil walikota, dan pemerintah kota bengkulu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk menciptakan rasa aman, tentram dan nyaman bagi masyarakat serta memberikan kemudahan akses bagi masyarakat.

So, yuk teman-teman kita mamfaatkan semja fasilitas yang sudah disediakan oleh Pemkot Bengkulu secara bijak yaa.. Dan kita do'akan semoga semua program ini berjalan dengan baik,  lancar, makin membantu masyarakat dan makin maju pastinya.  Aamiin..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

#LaunchingMonitoringCenter
#HDCity
#HDOTO
#BanggaKotaBengkulu
#PrestasiPemkotBengkulu


7 komentar:

  1. Program yang sangat bermanfaat untuk warga Bengkulu, semoga semuanya berjalan lancar jaya dan sesuai harapan

    BalasHapus
  2. Semoga Kota Bengkulu semakin membaik. Semakin maju dan sejahtera.

    BalasHapus
  3. Wah keren ya program dari pemkot Bengkulu. Semoga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya :)

    BalasHapus
  4. Keren ni programnya .. uptodate banget dengan perkembangan zaman

    BalasHapus
  5. Semoga program yang sangat bagus ini berkelanjutan dan semakin baik,tidak hanya heboh di awal-awal saja. Kepada masyarakat, meski ini gratis, setuju kalo dipakai secara bijak.

    BalasHapus
  6. Seru banget yang CCTV, bisa-bisa banyak yang tercyduk kamera hihihi. Semoga bermanfaat untuk menjadikan masyarakat lebih disiplin

    BalasHapus
  7. Semoga program ini berjalan lancar ya.. Jadi lebih meningkatkan keamanan di kota Bengkulu. Hayo nengsih jangan macem2 wkww

    BalasHapus