Minggu, 01 April 2018

Review Novel Assalamu’alaikum Aktivis



Judul: Assalamu’alaikum Aktivis
Nama Penulis: Alfa Sari Asnawi
Tempat: Jl. RE. Martadinata No. 43, Pagar Dewa Kota Bengkulu
Penerbit: ELMARKAZI
Tanggal diterbitkan: Januari 2017
Keterangan edisi: Cetakan Pertama
Halaman: 128 hlm
Assalamu’alaikum wr.wb
Hola teman-teman pembaca setia Puti Buku Blog’s, kali ini Nnegsih bakal ngereview lagi nich sebuah novel karya Aktivis juga. Dan yang pasti anak UMB donkknk… heheee.. makin banyak aja yaa anak UMB yang udah nerbitin buku. Alhamdulillah..
Sebenarnya sich udah telat baru nge-review sekarang. Padahal novel ini terbitan tahun 2017 dan udah dibedah bukunya pada ramadhan tahun lalu. Dan sekarang udah mau Ramadhan lagi. Wkwkk.. udah setahun baru nge-review. Padahal tamat bacanya udah lama (nulis review ini pun sekaligus mengumpulkan kembali ingatan yang udah agak buyar. Hehee). Maafkan adekmu yang durhaka ini ya mbak Alfa ku sayang. Huhuuu..
Ehem.. buku yang ditulis oleh mbak Alfa ini mampu menarik perhatian para aktivis seantero Bengkulu. Eh..eh.. #hohoo.. aktivis mana sich yang nggak penasaran kalo udah liat judulnya gini??. Nampak dari ketika kita bedah buku nya di ramadhan tahun lalu, banyak yang menghadiri. Bukan hanya mahasiswa UMB. Tapi juga di luar kampus UMB seperti IAIN, maupun UNIB. Dan ketika bedah buku pun yang hadir begitu antusias. Ketika itu bedah 2 buah buku Novel. Yaitu novel Mbak Alfha dan novel mbak Arpita S. Tanjung.
Sebuah buku Novel ringan bersampul warna ungu ditulis oleh seorang mahasiswa yang juga aktivis di dalam Oranisasi (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), aktif di ESA MUB( English Student Association Muhammadiyah University Bengkulu), blogger, youtuber, dan juga sekaligus penyiar radio jazirah.
Novel ini menceritakan seorang anak yang manja yang bernama Radha Safika yang akrab dipanggil “dedek” karena bentuk badanya yang mungil. Ia sangat dekat dengan mama-nya, kisah bermula dari ketika masih SMA, ia sudah mulai aktif dan ternyata ia diamanahkan untuk mengikuti lomba pidato. Sebelum ia pidato, ia terlebih dahulu diisuruh untuk berpidato di depan kelas kakak tingkatnya. Shock donkk dia. Dan akhirnya mengadulah pada Mama. Dan tentu saja Mama nya ini memberi dukungan dan semangat kepadanya agar berani maju didepan umum.
Lebih lanjut, hingga pada akhirnya ia bertemu dengan seorang laki-laki yang bernama Fatih yang berasal dari SMA lain, ketika kegiatan besar OSIS. Yang jadi tuan rumah kegiatan tersebut adalah sekolah Radha. Dan saat itu Radha diamanahkan sebagai Koordinator acara sekaligus juga memandu sekolah-sekolah yang menjadi tamu di sekolahnya.. sebenarnya itu bukan pertemuan Radha dengan Fatih. Sebelumnya mereka juga sudah bertemu namun hanya sebatas di dunia maya saja.
Waktu terus berjalan. Ternyata perkenalan Radha dengan Fatih tidak hanya sampai disana. Mereka terus chatingan sebagai teman (tidak lebih dari itu).  Dan bahkan mereka berdua pun punya visi misi yang sama, berencana untuk mendirikan sekolah. Sebuah sekolah yang berbeda dari sekolah lainya. Ia dan Fatih berusaha untuk merayu kepala dinas untuk meminta izin ingin mendirikan sekolah tersebut. Namun apakah Radha dan Fatih mendapatkan izin untuk mendirikan sekolah impian mereka? Lantas apa saja yng Radha temui ketika di Washington DC? Dan sekolah apa yaaa yang ingin dibangun oleh Radha dan Fatih? Temukan jawaban mu di dalam novel ini ya guys.. 
baca juga: Review Novel Puan Perawan
baca juga: Review Novel Keputusan Vertikal Limit 

Novel keren ini sangat ringan dibaca oleh siswa maupun mahasiswa dengan menggunakan bahasa yang sederhana meskipun menurut penilaianku alur nya bisa lebih berkembang lagi serta bisa melibatkan lebih banyak tokoh yang lain di dalam kisah Radha. Apalagi kalo misalkan ada konflik panjang, klimaks, dan bikin greget ketika Radha sedang di Washington DC dan lama tidak berjumpa dengan Fatih. Pasti lebih keren dech mbak. Hehee. Novel ini menurut ku juga bakal lebih gereget lagi kalau misalkan konfliknya lebih banyak lagi (Ciee.. yang sukanya nyari masalah. Wkwk).
Semoga karya selanjutnya bisa menjadi lebih baik lagi dari karya sebelumnya yaa mbak… kami tunggu next book nya mbak… Salam Literasi ;-)

2 komentar:

  1. uwhh. akhirnya di review Neng jugakk. makasih yah. Sarannya membangun sekali. Next book insyaAllah diperbaiki. dan bakal lebih banyak masalah. huhuhhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa..yang mau cari masalah. hehee.. lanjutkan mbakk

      Hapus

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Perkenalkan, saya seorang Mahasiswa UMB prodi KPI, announcer di 104,3 radio Jazirah FM, seorang aktivis IMM, Aktivis dakwah KompaQ, serta memiliki hobi nulis dan baca. Untuk kenal lebih lanjut, Kamu bisa mengunjungi ku di Facebook: Nengsih Hariyanti Whatsapp/Telegram: 081532485541 Instagram: @nengsih_hariyanti Email: nengsihhariyanti@gmail.com Twitter: @NengsihRianty2

Biarkan Berlalu

Terlalu pahit untuk ku kenang Sepenggal kisah masa lalu kita Biar ku perlahan beranjak pulang Tinggalkan puing rasa Tak usah acuhkan...