Latest News

Dakwah

Hikmah

Poet

Cerpen

Recent Posts

5 Aplikasi andalanku


Assalamu’alaikum wr.wb
Hallo teman-teman, aku pengen nanya nich, kamu punya nggak sich aplikasi andalan di android mu? Itu tuch, aplikasi yang banyak membantu pekerjaan kita. yang kalau aplikasi itu nggak ada, maka hp kita terasa kurang lengkap. Nahh aku punya tuch beberapa aplikasi yang menjadi andalanku. Kecuali medsos lo yaaa. Apa saja? Ini dia:

1. Canva


dengan canva, kita bisa berkreasi infografis sekreatif mungkin
Yes.. blogger mana sich yang kenal dengan aplikasi canva? Hehee.. ini andalannya banget para blogger dalam hal edit gambar, pembuatan header, instagram, dll.. pokoknya paket komplit mah di instagram. Di canva ada yang gratisan dan ada juga yang premium. Nah kamu punya juga kah aplikasi ini?

2. Al-Qur’an Indonesia

Al-Qur'an Android
Aplikasi Al-Qur’an ini sangat membantu buat aku. Bukan untuk membaca Al-Qur’an di hp ya. Karena lebih baca Al-Qur’an itu ya Al-Qur’annya langsung. Bukan lewat hp. Trus kenapa membantu? Karena kan kami di asrama ada jadwal piket tuch. Salah satunya adalah menghidupkan Adzan dan Murattal menjelang magrib. Nahh.. ini andalan banget bagi aku. Hehee.. karena aku nggak perlu buka youtube atau download muratttal dan adzan lagi yang bisa memakan kapasitas ram di hp ku. hehee

baca juga: 3 Hal yang ingin aku pelajari lagi


3. Chrome
                      


Yuhuu.. siapa disini yang kalau ada masalah di dalam kehidupan bertanya kepada mbah Google?? Yapp.. aku juga salah satunya nich. Hehee.. kalau ada apa-apa pasti nanyanya ke mbah google nich. Melalui chrome. Jadi aplikasi ini juga sangat membantu menjawab pertanyaan.

4. Kinemaster


Editing Video
Okay aku juga udah lama punya aplikasi ini. saat iseng edit-edit video. Nahhh sekarang makin suka nich kalau ada egenda, aku mengabadikan lewat video. Yaa senang rasanya ternyata lihat hasil edit video karya sendiri. Dan lebih puas di kinemaster menurut aku. Bisa edit video dan foto sekaligus.

5. Inshoot

Sebenarnya aplikasi inshoot ini bisa buat edia video juga edit foto. Namun aku lebih sering edit foto kalau di inshoot. Edit foto biar instagram aku lebih rapi. Hehee..

Nahh.. itu yaa 5 aplikasi andalan aku yang wajib ada di hp aku. Hehee..

Kalau kamu aplikasi apa saja nich? Share yuukkk..

Disclaimer: Tulisan ini dibuat untuk mengikuti kegiatan #NulisSerempak11 dari Bloggerbengkulu.com

Noted: All Pic by Canva

Pelangi setengah lingkaran



Senja itu baru saja turun hujan deras, dan di dalam hujan itu matahari seakan bergegas bersinar. Padahal seharusnya ia tenggelam. Aku membatin sepertinya sebentar  lagi akan ada pelangi. Oh indahnyaa.. pelangi di senja hari.

Aku sangat menyukai pelangi. Begitu banyak ciptaan Allah yang indah di dunia ini. Tapi bagiku, pelangi adalah ciptaan Allah yang sangat indah. Di senja ini, aku lagi-lagi melihat keindahan itu.. entah mengapa pelangi seakan memiliki kesan tersendiri bagiku. Aku memiliki kisah di balik pelangi yang sangat aku kagumi.

Tiba-tiba aku dikejutkan oleh kakakku dari belakang

“Hey… melamun aja ni, udah senja tau, bentar lagi juga maghrib. Ayok pulang” Tiba-tiba Kakakku, Arini, menepuk pundak dari belakang yang membuatku kaget.

"Eh, ayuk ni ngagetin saja. Bentar yuk.. aku mau lihat pelangi. Tu udah ada sedikit, sebentar lagi pasti pelanginya sempurna” jawabku.

“Hemm… Ranti, kamu masih mengingat pelangi itu?”

“Maksud ayuk, Nanda??”

“Yaaa siapa lagi? Bukankah dia pelangi yang berpijak di tanah yang kamu kagumi, selain dari pelangi di langit itu?” ucap kakakku sambil menunjuk kearah pelangi yang tadi aku kagumi.

Kakak perempuanku ini selalu tahu tentang diriku karena ialah tempatku selama ini curhat.

“Ayuukk… aku masih mengingat dia. Jujur aku masih mengaguminya walau aku sendiri tidak tau apakah dulu dia juga mengagumiku atau tidak. Bahkan aku pun tidak berani mengungkapkanya. 

Sekedar memberitahu apa yang aku rasa. Selama ini aku bertahan dalam diam. Bahkan hingga saat ini, aku masih saja berkomunikasi dengan Nanda meskipun hanya di media sosial saja. Dan tak sekalipun kami membahas tentang perasaan!”

“Kenapa kamu nggak jujur saja tentang perasaan mu sama dia?”

“Nggak yuk.. aku nggak berani.”

“Kenapa? Apa perlu ayuk yang kasih tahu dia tentang perasaanmu”

“Yaa karna selama ini kami tak lebih dari kakak dan adek. Dia perhatian sama aku karna dia menganggap aku adeknya. Tak lebih. Aku khawatir nanti hubungan kami jadi nggak akrab lagi”

“Ranti sayang… sudahlah. Mungkin benar sekarang bukanlah saat yang tepat. Nanti suatu hari kamu pasti menemukan saat yang tepat itu koq!” hibur kakakku

Hemmm.. tak terasa ternyata pelangi cuma ada setengah. Dan berangsur pula Magrib datang. Kami pun meninggalkan pantai tempat kami menghabiskan senja hari.

Yaa.. aku tinggalkan pantai. Ku titip salamku kepada pantai untuk lelaki yang aku kagumi, Nanda. Aku tidak tau bagaimana nasib kita kedepanya. Apakah mungkin engkau akan menjadi tulang punggungku dan aku menjadi tulang rusukmu? Tapi aku selalu berdo’a kepada Allah agar kita di pertemukan dengan orang yang baik di matanya..

Pantai.. titip pelangiku di senjamu.

Setibanya di rumah, setelah salat magrib, aku kembali membuka diary-diary dan album foto di lemariku. Entah mengapa pelangi itu mengingat masa-masa putih abu-abu 4 tahun yang silam. Karena pelangi di senja itu, membuat aku teringat dan mengingat kembali masa-masa indah yang aku rasakan.

4 tahun yang lalu, disaat kami sedang sibuk dengan ujian praktek kelas 3 MAN, kami dapat tugas dari guru agar mencuci semua foto teman-teman sekelas. Lalu menempelnya di dalam sebuah album besar, langsung dengan biodata teman-teman serta kesan dan pesan nya untuk kami. Aku membuka lagi album itu. Dan hati menuntun ku agar segera mencari nama Nanda. Terpampang jelas foto nya disana. Tidak terlalu ganteng, tidak juga jelek. Tapi dia terlihat manis. Semanis sikapnya kepadaku selama 3 tahun kami menghabiskan waktu bersama di putih abu-abu.

Lalu, ada kesan dan pesannya untukku. Kesan nya dia senang bisa kenal dengan aku. Dia bangga punya sahabat sekaligus adek sepertiku.  Dan pesannya.. sebuah lirik lagu yang tak asing di telinga, hanya di robah sedikit lirik akhirnya.

Menarilah dan terus tertawa,
Walau dunia tak seindah surga,
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia..
Selamanyaaaa..

Itulah pesannya untukku. Ahh… mengingat lagu itu membuatku merasa rindu lagi kepada nya. Bahkan tak jarang kadang air mata ini menetes mengingat dia yang jauh disana. Dia selalu ada di saat aku membutuhkan. Mendengar curhatku, membantuku mengerjakan PR, bahkan membantu urusan pribadiku disaat aku lagi ada masalah di keluarga.

Yaa.. aku banyak masalah dalam keluargaku. Yang membuat aku tak bisa pisah dari tangis air mata dan kesedihan.

Orang tua yang pisah, dan kami yang menderita.

Jujur.. aku tidak mengerti. Mengapa mereka berpisah? bukankah dulu mereka yang berkomitmen untuk membangun rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah?. Tapi sekarang buktinya mereka tak lagi bersama dengan hanya menyisakan puing-puing kepedihan untuk kami. Mereka tidak memikirkan kami. Sejak saat itu aku sangat benci dengan ayahku yang memilih beristri dan berkeluarga lain.

Aku hidup terlunta-lunta, berpisah dengan saudara-saudaraku. Ibuku tak lagi bersuami sekarang. Sejak ia cerai, ia sakit-sakit-an. Dan karna beliau tidak mampu membiayai kami akhirnya kami memilih untuk tinggal bersama orang lain. Orang lain yang mau “memungut” kami. Membiayai sekolah kami. Dengan syarat kami membantu pekerjaan rumahnya. Tak ubahnya seperti seorang pembantu tanpa gaji. Namun, sekolah kami di biayai. Ahh.. itu sudah lebih dari cukup bagiku. Yang penting aku bisa bersekolah dan mewujudkan cita-citaku menjadi seorang guru. Aku ingin menjadi ibu di sekolah dengan banyak anak-anak ku. 

Tapi, ternyata hidup tak semudah yang aku fikirkan. Banyak rintangan yang aku hadapi dalam memperjuangkan studi ku. Ahh,.. aku malu menceritakanya. Aku sempat di katai tak tahu diri hanya karena aku lupa memasak nasi, aku di katai gembel gara-gara tinggal di rumah orang, sempat di usir, lalu pindah lagi ke rumah orang yang lain.

Aku pernah mengalami depresi berat. Merasa sangat takut. Saat itu aku baru menginjak kelas satu MAN. Aku hanya bercerita tentang masalah ku kepada Nanda. Banyak teman-temanku yang menanyakan kepadaku kenapa aku jadi murung di sekolah. Dan tidak ceria seperti dulu lagi? Tapi Ntah mengapa saat itu Nanda yang aku percayai  untukku bercerita. Kepada Nandalah aku ceritakan semua kisah hidupku dari awal. Sejak orang tua ku berpisah hingga saat kejadian itu. Dan Nanda pula lah yang membantuku keluar dari rumah yang membuatku depresi. Sejak saat itu, ia berjanji akan selalu membuat aku tersenyum. Ia akan selalu menghiburku asalkan aku mau bercerita sama dia kalau aku ada masalah.

Kami menjadi sangat dekat dan akrab. Tapi saat itu kami belum mengenal cinta. Kami tak lebih dari sahabat dan kakak adek..  Kami berpisah ketika kami telah mendapat surat kelulusan. Di tambah lagi Nanda yang saat itu dapat pengumuman bahwa ia di terima di universitas favoritnya dulu. Di UNAND. Universitas Andalas, Padang. Sebelum ia pergi, Nanda pernah mengajak ku ke pantai sore hari. Dan aku mengiyakanya. Di pantai, kami banyak bercerita tentang perjalanan kami selama ini dan bagaimana rencana-rencana kami untuk kedepanya. Tepat sore itu ada Pelangi senja yang menyaksikan kami. Dan kami bejanji meskipun nanti kita sudah terpisah jauh, kita harus selalu memberi kabar bagimanapun keadaan kami. Termasuk bila nanti salah satu di antara kami yang menikah. Kami harus selalu memberi kabar dan menjaga silaturahmi. Kami berjanji di bawah pelangi senja di sore hari.

Aku tersadar dari ingatanku. Tak terasa isya sudah tiba lagi. Aku bergegas mengambil wudhu dan melaksanakan solat Isya. Tak lupa aku selipkan nama Nanda di dalam Do’aku. Ya Allah, Ya Tuhanku.. tolong jaga dia kapanpun dan dimanapun dia berada. Aku menyayanginya. Aminn…


Pengalaman naik kendaraan umum dan hal yang harus dipersiapkan


“Yah, Aku naik bus aja yaa.. nggak usah naik travel”, telpon ku pada Ayah sewaktu pulang kampung tempo hari.

“Oh. Yasudah. Kabari aja nanti jam berapa berangkatnya” jawab Ayah.

“Iya, Yah. Besok insyallah mau beli tiketnya”. Ucapku, dan tak lama kemudian aku pun mematikan sambungan telpon.

Saat itu, naik bus adalah alternatif yang aku pilih selain dari naik travel. Lumayan loh ongkosnya kalau naik travel dari Bengkulu ke Mukomuko. Naik bus bisa setengah dari harga ongkos naik travel. Kalo ongkos travel 100 rebu rupiah, naik bus cukup 50 rebu saja. Lagian juga kalau di bus, posisi duduk kan lebih tinggi. Bisa menghirup udara segar. Yaa.. tapi memang gitu. Ada banyak plus minusnya kalau kendaraan umum.

Esoknya aku pergi ke loket Damri di KM 6,5 kalau nggak salah ya alamatnya. Pokoknya nggak jauh dari simpang 4 Padang Harapan. Disana aku nanya tiketnya berapa dan keberangkatan jam berapa sama penjaga loket. Katanya untuk keberangkatan pagi pukul 08.00 harga tiket 50.000 dan pukul 10.00 harga tiket 65.000 untuk tujuan Ipuh. Dan aku milih yang keberangkatan pukul 08.00.

Hampir tertinggal bus


Okay, tiket telah di tangan dan pulang lagi ke asrama. Malam nya aku packing barang seadanya. Karena pulangnya pun nggak lama. Dan esoknya sebelum pukul 08.00 aku sudah bersiap. Untuk pergi ke loket, aku minta antar sama adek di Asrama. Dan berhubung keluarga di kampung memesan buah, akhirnya keliling dulu cari buah yang dimaksud. 

Dan tau nggak apa yang terjadi? Buahnya susah ditemuin mungkin karena masih pagi juga. Dan ketika sampai di loket, ternyata  bus yang aku tumpangi udah siap berangkat. Ya Allah.. hampir saja aku ketinggalan. Bahkan nomor kursi aku pun sudah di ambil sama orang. Tapi yasudah.. yang penting bisa berangkat.
 
pict by: canva
Akhirnya mobil pun melaju. Semua terlihat baik dan aman-aman saja. Hanya saja aku sedikit risih karena di samping ku duduk seorang cowok. Untunglah dia sudah tua. Hehee.. yaa namanya juga kendaraan umum. Mana bisa kita ngatur posisi duduk semau kita. dan di dalam juga ada yang merokok. Waduhh.. aku juga termasuk tak suka rokok dan orang yang merokok di sekitar aku. Tau kann.. efek negative rokok itu banyak banget. Rokok membunuhmu guys.. bukan cuma kamu, tapi juga orang yang menghisap asap rokokmu itu. yasudahlah.. aku pake masker saja untuk menghindari hirup asap rokok secara langsung ini.

Bus berhenti di salah satu rumah makan di Air Muring. Sebagian ada yang makan, ada yang istirahat, dan ada yang sholat. Berhubung waktu itu aku lagi nggak sholat dan juga sudah makan, aku hanya duduk-duduk saja sambil nungguin orang-orang selesai. Okay, sampai disini masih aman.

Mobil Mogok

pict by: canva
Setelah mobil melaju meninggalkan wilayah Air Muring, sesuatu yang tak diinginkan terjadi. Mobil macet dan kenek serta supir berusaha memperbaiki mobil. Namun tak ada tanda-tanda. Akhirnya semua penumpang disuruh turun. Yang laki-laki pada sibuk berusaha perbaiki mobil. Namun tak kunjung hidup. Akhirnya 1 orang berangkat lagi ke Air Muring mencari alat yang bisa membantu memecahkan masalah dalam kemogokan bus ini. hampir 2 jam kami menunggu. Oh Ya Allah… padahal target ku jam 14.00 paling lama udah nyampe rumah ini. huhuuu.. tak lama turun pula hujan. Walau tak begitu deras, tapi tetap bakal basah kalau nggak nyari perlindungan. Akhirnya kita semua nyari perlindungan.

Tak lama kemudian bus pun hidup dan kita naik lagi dalam bus. Alhamdulillah bisa bernafas lega..

Mobil melaju dengan aman dan lancar di bawah hujan yang begitu deras. Semua pada tertidur kecuali aku. Aku asik melihat hujan dari balik jendela mobil. Wahh.. ternyata benar kata orang, genangan hujan bisa menghipnotis kita menimbulkan kenangan-kenangan masa lalu. Hahaaa.. dudududuuu..

Dan akhirnya nyampe rumah menjelang magrib. Tak apalah. Yang penting bisa pulang dengan selamat saja sudah bersyukur. Alhamdulillah..

Nahh dari pengalaman tersebut,
hal yang harus dipersiapkan kalau teman-teman ingin menggunakan kendaraan umum yaitu:
 
1. Usahakan datang On Time di loket kalau tidak ingin tertinggal bus. Minimal 10 menit sebelum jadwal keberangkatan.

2. Siapkan kantong plastic dan minyak angin. Dikhawatirkan nanti mabuk perjalanan dan bus belum tentu menyediakan kantong medis darurat tersebut. hehee

3. Bawa masker bagi yang tidak suka berbagai bau-bau aneh di dalam kendaraan umum. Terutama melindungi hidung dan mulut dari asap rokok.

4. Jangan lupa kabari keluarga  ketika berangkat dan ketika bus berhenti. Karena kita tidak tau apa yang terjadi nantinya. Jadi biar keluarga tidak mengkhawatirkan kita.

5. Makan dulu sebelum berangkat karena untuk makan di rumah makan itu lumayan loh dana yang keluar. Hehee.. atau boleh juga bawa bekal.

6. Bagi wanita, bawa alat sholat (mukena). Karena kalau sholat di tempat umum itu, kebersihanya minim banget.

7. Jangan lupa baca do’a sebelum berangkat.

Nah.. itu ya persiapan dari aku sebelum naik kendaraan umum. Semoga perjalanan teman-teman menyenangkan. Dan tidak mengalami kemogokan seperti yang pernah aku alami. Wkwk

Disclamer: Tulisan ini dibuat untuk mengikuti kegiatan nulis serempak dari Blogger Bengkulu

Pencerahan dari 2 Ustadz Muda DMM


Assalam’alaikum wr wb

Okay, setelah sebelumnya aku menulis tentang agenda Dakwah di Karang tinggi, selanjutnya aku bakal share isi rangkuman ceramah yang disampaikan oleh Ust. Malito dan Ust. Rio.

Jalan menuju Surga (Ust. Malito)




Di dalam ceramahnya Ustadz Malito menyampaikan ada beberapa jalan menuju surga. Baik itu bagi laki-laki maupun perempuan. Bagi laki-laki sendiri salah satu jalan menuju surga itu ialah dengan sholat berjamaah di Masjid. Sementara untuk perempuan, yaitu:

a. Sholat tepat waktu

b. Puasa ramadhan

c. Menjaga kehormatan

d. Taat pada suami

Dan disini ada haditsnya lo. Yang artinya wanita boleh masur surga lewat pintu manapun asal ke-4 point ini dijalankan. (hadist nya teman-teman boleh cari sendiri ya. Hadist nya insyallah shohih).
   



                    

Lalu perkara sholat, hendaknya kita jangan lalai terhadap waktu sholat. Jika lalai nanti kita bisa tergolong ke daam golongan orang-orang yang munafik. Naudzubillah.. self reminder nich.

Dan perkara puasa ramadhan, hendaklah kita senantiasa melunasi hutang-hutang puasa kita. dan perkara hutang, Ust. Juga mengingatkan yang berkaitan dengan arisan. Karena arisan itu adalah hutang juga. Misalnya kelompok arisan kita da 50 orang dan bayarnya 100.000 per bulan. Berarti uang yang kita terima sebanyak 5.000.000. hakikatnya uang kita saat itu adalah 100 ribu saja. Sementara 4.900.000 nya adalah hutang kita. kita harus berahati-hati terhadap perkara arisan ini. nanti kalau kisalkan kita meninggal, siapa yang akan menanggung dan mebayar hutang kita? belum lagi waktunya yang lama untuk dilunasin karena nunggu giliran.

Kenali Allah maka akan merasakan nikmatnya ibadah (Ust. Rio)

                       


Sebenarnya banyak point yang Uts. Rio sampaikan. Diantaranya yaitu mengenali Allah ini. sebagai contoh, di tengah malam, ada nomor baru menelpon kita. meminta kita untuk menuju suatu tempat. Apa yang akan kita lakukan? Tentulah kita mengabaikan pesan dari orang tersebut. Karena apa? Karena kita tidak kenal siapa yang menghubungi kita. namun juga yang menghubungi kita adalah adek, orang tua, atau teman, di tengah malam dia nelpon minta kita ke suatu tempat, dapat dipastikan kita akan menuju lokasi tersebut. Karena apa? Karena kita tau. Kita kenal siapa yang menghubungi kita. begitu jugalah hendaknya kita beribadah kepada Allah. dalam sholat terutama kita harus mengenali yang memerintahkan kita untuk beibadah terlebih dahulu maka kita akan merasakan nikmat dalam beribadah.

Dan ada 3 golongan orang yang berada di dalam kerak neraka:

a. Berbagi ilmu bukan karena Allah

b. Membantu orang lain atau menjadi pahlawan yang rela berkorban untuk orang lain. Namun juga bukan karena Allah

c. Beramal atau  berbuat baik bukan karena Allah.

     


Yaa.. semua amalan itu hangus dan berada dalam kerak neraka karena semua itu ia lakukan karena ria. Ia telah mendapatkan apa yang ia inginkan di dunia. Dan di akhirat ia tidak mendapatkan apa-apa lagi. (ini juga ada haditsnya. Boleh teman-teman cari. Insyllah shohih)


baca juga: Dakwah di Karang Tinggi


Baik, seperti cuma itu yang bisa aku sharing mengenai rangkuman cermaah daru 2 Ustadz Muda DMM kita pada rihlah kolaborasi DMM dan KompaQ kali ini, semoga bermamfaat dan bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama buat saya sendiri. Maaf jika ada yang salah penyampaian.

Wassalamu’alaikum wr. wb

Salah Sikon



"Saat kita melawak tapi orang tidak tertawa,  berarti lawakannya gagal. Ketika kita lagi serius kemudian ditertawakan orang,  berarti orang itu meremehkan.  Mungkin kamu hebat.  Mungkin benar saya idiot.  Dan kamu hebat".

Itu adalah balasan komentar yang aku terima. Saat itu, aku tergelitik mengomentari salah satu postingan teman facebook ku.  Awalnya aku bertanya serius dan tak bermaksud bercanda.  Namun komentar ku diselingi oleh teman fb yang lain.  Ia berkomentar dan tak lupa emoticon tertawa.  Dan yang punya postingan pun juga membalas dengan tawa.  Lalu tanpa bermaksud untuk meremehkan dan sebagainya,  aku balas komentar lagi.  Ku fikir kita memang lagi bercanda.  Ternyata malah ditanggapi dengan komentar yang seperti itu. 

Njelebb.. Kata-kata itu benar-benar masuk ke hati ku. Padahal tak bermaksud seperti yang ia katakan.  Dan langsung saja saja minta maaf. Walau aki kefikiran.  Aku telah membuatnya tersinggung. Antara rasa tak percaya kenapa dia semudah itu tersinggung dan rasa bersalah karena telah membuat orang tersinggung. 

Yah.. Aku memang salah.  Tak pandai membaca sikon.  Aku telah salah membuat orang lain tersinggung akan ucapanku.  Dan aku lupa akan konsep kita memang perlu lihat-lihat waktu dan lihat orang untuk bercanda.  

Lalu untuk menenangkan hatiku sendiri.  Aku berkata dalam hati, "Mungkin dia lagi banyak masalah.  Mungkin dia lagi labil. Mungkin dia lagi sensitif". Lebih baik begitu. Berfikir positif saja. 
Ah sudahlah.. Kita memang tak bisa meminta orang lain berfikir seperti apa yang kita inginkan. Setidaknya cerita hari ini memberi 1 pelajaran penting bagiku. "Tak semua orang bisa diajak bercanda.  Dan jika ingin bercanda, lihatlah sikon. Dan jangan memperpanjang masalah yang kecil hingga ia menjadi besar"

Dan hal yang terpenting,
Minta maaf lah ketika salah. Meski tak semua salah bisa orang lain maafkan.  Namun setidaknya, kewajiban kita sesama manusia yang tak luput dari salah telah tertunaikan dengan kata "maaf".

Ikut Challenge 30 Hari Bercerita

Saat itu, lagi asik scroll up, scroll down timeline ig. Yapp.. hal biasa yang masih aku lakuin dan belum bisa aku tinggalin. Sekadar liat postingan teman, liat informasi lomba, liat video-video dakwah dan meme dakwah, buka tutorial, dan aktivitas lainya di ig. Yaa semua itu memang dilakukan hanya sekadarnya. Bahkan kalau mau diikuti semua aktivitas di ig, nggak ada habisnya. Selalu ada hal menarik untuk dikepoin. Begitulah kemajuan medsos zaman now


Dann muncullah disana semacam pamflet ajakan untuk 30 hari bercerita. Aku abai. Tak mau tau lebih tepatnya. Meme itu ku temukan sebelum challenge berceritanya dimulai. Lalu beranjak ke FB. Muncul meme yang sama. Lagi, ku abai meski ku baca sekilas. Lalu waktu challenge pun dimulai. Sekitar hari kedua bercerita, ketika lagi membaca postingan facebook, muncullah semua postingan yang membuat hati terketuk untuk dibaca dan membuat tertawa. Cerita itu dalam rangka 30 hari bercerita. Dan ku kepo sama yang punya postingan. Nanya sekadarnya mengenai 30 hari bercerita. Tapi tetap masih belum terketuk juga untuk ikutan.

Esok hari, muncul lagi di ig postingan adek tingkat beda kampus yang bercerita dalam rangka ikutan challenge. Hatiku mulai goyah. Ah.. kenapa ya tak ikutan? Padahal banyak cerita yang bisa aku certain. 

Buka grup Whatsapp. Masih ada pembahasan yang nyentil tentang 30 hari bercerita. Aku merasa dibayang-bayangi untuk ikutan challenge ini. namun, masih belum jalan. Ok fine.. udah terlambat jauh. Yasudah lain kali saja ikutan sejenis challenge lainnya. Toh aku baru selesai challenge 30 hari Blogging. Istirahat dulu..

Namun pagi ini, salah satu blogger favoritku posting materi challenge 30 hari bercerita. Aku suka cerita dia di hari ke 8 ini. so, aku kepoin cerita dia di hari challenge yang sudah berlalu.

Dann.. aku tertarik. Aku menghubungi kontak penyelenggara untuk ikutan challenge ini. dan sekarang ku mulai bercerita meski sudah telat seminggu. Bukan hanya di instagram, namun ku juga ingin memuat tiap ceritanya di blog putibuku.com.

Postingan di hari pertamaku.  Harusnya sich udah hari ke 8.

Tentang 30 hari bercerita. Banyak hal yang bisa diceritain. Entah itu untuk diambil hikmahnya, ntah itu berbagi cerita lucu dan bahagia, ntah itu sedih dan penuh haru, namun tiap kisah pasti punya warna tersendiri.

Biarlah nanti hati akan tergerak sendiri untuk bercerita apa saja. Cerita yang kiranya bisa bermamfaat buat pembaca.
Dan untuk kamu, selamat membaca cerita ku. Dan kuyyy ikutan challenge ini juga.

Mau Dibawa Kemana Hijrah Kita? (Ngaji Akhir Tahun dan Muhasabah)




Penceramah: Uts. Suherman

Hijrah berasal dari Bahasa Arab yang banyak ditemukan dalam Al-Qur'an:
  • Al-Baqarah: 218
  • At Taubah: 20-21
  • ‌Al An-fal
Dan beragam Hadist lainnya.

Hijrah artinya pindah, pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Hijrah bermakna: 
Hijrah nilai (minazzulumaati ilannur) dan disebut juga reformasi dari buruk menjadi baik.

Secara makna, hijrah itu berat. Namun hijah itu jihad. Hijrah selalu di awali dengan iman. Iman inilah yang membuat orang-orang berhijrah.


Lalu Iman itu apa?

Iman adalah sesuatu yang diyakini dalam hati mulai dari perkara yg nyata sampai ghaib. Mulai dari yang logis sampai non logis.

Iman itu: 

  • ‌di hati,  diyakini dengan sepenuh hati. 
  • ‌di lisan, (iman itu perlu diungkapkan. Disampaikan kepada umat) 
  • ‌perbuatan, yaitu di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan iman inilah modal orang-orang untuk berhijrah.

Sifat orang jahiliah:

  • ‌Minum-minuman keras,  narkoba, termasuk rokok. 
  • ‌Berbicara sembarangan. Terutama saat mabuk. Sehingga menyebabkan,  saling caci,  saling hina, gampang menyalahkan orang, merasa paling benar,  dll
  • ‌Menyelesaikan masalah dengan otot. Sifat orang beriman adalah bermusyawarah. 
  • ‌Hobi berzina.

Maka landasan hijrah itu harus kuat.  Yaitu iman.  Tanpa iman, akan mudah kembali kepada sifat jahiliah.

Kisah-kisah:

1. Kisah hijrah seorang sahabat dari makkah ke Madinah untuk menemui Allah dan rasulnya meskipun sendirian dan terlambat. Kisah perjuangan ya dalam menuntut ilmu ini perlu diteladani oleh pemuda zaman milenial.

2. Kita juga mengambil hikmah dari Kisah da'inya rasul, pembela rasul,  hafidz Rasulullah yang membelot membela musuh Rasulullah Musailamah Al-Kahzab dan mati dalam keadaan kafir. Naudzubillah..

3. Begitu pula dengan Kisah nyata  Muslimah yang merupakan salah satu jamaah kajian yang menikah dengan lelaki nasrani kemudian mengejek islam lalu mati dalam keadaan kafir. Naudzubillah..


Dan diantara semua kisah itu hendaklah kita mengambil hikmahnya. Mengambil pelajaran agar senantiasa berhati-hati dalam memegang teguh agama dan Istiqamah di dalamnya. Orang yang awalnya istiqamah dan sholeh pun kita tidak tau bagaimana akhir dari kehidupannya.


Oleh karena itu hendaklah kita senantiasa mengamalkan do'a berikut ini agar mendapat keselamatan dari Allah dan istiqamah hingga akhir hayat.
1. "Ya muqallibal qullub tasabit qalbi 'alaa diinik".
2. "Rabbana la tuzigh quluubana ba'da idzhadai tanaa wahablanaa milladunka rahmat.  Innaka antal wahhab.."

Lalu hijrah kita mau dibawa kemana?  Tentunya dibawa hanya untuk Allah semata. 

Wallahualam bish shawab.

Keterangan :
Isi ceramah dengan pengubahan bahasa dari penulis. 


Ringkasan ceramah Ustadz Zulkifli Muhammad Ali dengan tema: Perkembangan Zaman Milenial Menuju Hari Akhir


Assalamualaikum teman-teman, aku mau share sedikit ringkasan ilmu yang kita dapatkan di hari ini.  Semogai i bermanfaat yaa.. Untuk yang hadir di tabligh ini,  semoga kembali ingat.  Dan bagi yang tidak hadir,  semoga bermamfaat.  Ringkasan aku ini juga nggak terlalu komplit.  Aku hanya mencatat semampu aku bisa catat dan telaah saja.  Mencatat apa yang Ustadz sampaikan. 
Pamflet Tabligh 

Calon pengikut Dajjal:

1. Seluruh Yahudi
2. LGBT
3. Seluruh orang munafik. (Ciri khasnya: Malas Sholat Isya dan Subuh di masjid) 
4. Seluruh setan dari bangsa jin
5. Kebanyakan kaum wanita
6.Manusia hobi maksiat (zina, narkoba,  pamer aurat, dll) 
7. Kelompok Khawarij (kelompok yang mengklaim dirinya yang paling benar.  Selain mereka kafir) 
8. Seluruh sekte-sekte sesat yang mengaku Islam (Syi'ah, Murjiah, Islam Nusantara, dll)

Cara selamat dari Dajjal:

1. Pastikan memiliki Akidah yang kokoh,  iman yang benar,  tauhid yang lurus. (Dengan cara Belajar) 

2. Fanatiklah terhadap Al-Qur'an dan As-Sunah. 

3. Larilah ke dua kota yang tidak akan dimasuki oleh Dajjal (Makkah dan Madinah), khusus untuk daerah-daerah yang berdekatan dengan kedua kota ini.  Dan untuk yang jauh dari dua kota ini, bisa ngikuti cara ke empat. 

4. Masuklah ke dalam rumah. Tutup pintu,  jendela, baca surat Al-Kahfi.

5. Hafalkan 10 ayat pertama atau 10 ayat terakhir dari surat Al-Kahfi. 

6. Setiap selesai tahiyat Akhir, sebelum Assalamualaikum,  baca do'a "Allahumma inni audzubika min adzaabil jahannam, waminadzabil kabri, wamin fitnatil mahya wal maa maati, wamin syarri fitnati masiihiddajjal".

Baca juga: Akhir Zaman

7. Jika tertangkap oleh dajjal/bala tentara dajjal, baca dulu al-kahfi sehingga sihirnya tidak tembus. Lalu pilih apinya dajjal.  Jangan masukan kaki/tangan dulu ke dalam api dajjal. Tpi dahulukan kepala. Maka kita akan merasakan api itu sejuk. Lalu hiruplah. Kemudian masukan seluruh badan. Maka tidak akan merasakan panas.  Dan shahidlah kita. 

8. Perbanyak do'a-do'a ketika dalam keadaan lapang. 

Suasana usai Tabligh 

Semoga kita semua bisa menjalankan cara-cara agar selamat dari dajjal sehingga dijauhkan dari Fitnah Dajjal. Karena kedatangan Dajjal sudah semakin dekat.  Aamiin Ya Rabbal Alamiin.. 



Semoga bermanfaat, dan maaf atas segala kekurangan dalam ringkasan ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.. 
Videos